Laman

Rabu, 16 Februari 2011

BAB III
PEMBAHASAN

A. Permasalahan
Sesuai pengamatan yang penulis lakukan, dengan tema Keselamatan Kerja, penulis menemukan masalah sebagai berikut :
- Yang terjadi jika para pekerja tidak menggunakan alat keselamatan kerja.
- Alat pelindung diri yang rusak tetapi tetap saja dipakai.
- Bagaimana cara untuk mencegah para pekerja tidak terpeleset atau terjatuh di lantai di Unit kamar cuci.
- Kurangnya pemahaman tentang bahaya jika tidak memakai alat pelindung kerja.
-ketidak nyamanan pemakaian alat pelindung kerja(APD) -tidak mempunyai waktu untuk memakai alat pelindung kerja (APD)/menghabiskan waktu. -tidak akan celaka jika tidak memakai alat pelindung kerja (APD)

B. Penyelesaian

Dari permasalahan yang muncul, penulis berusaha mengambil langkah-langkah sebagai berikut :

- Jika para pekerja tidak memakai alat pelindung diri, maka akan mengakibatkan tertular berbagai macam penyakit. Sehingga akan menghambat proses dari Unit Kamar Cuci.
- Sedangkan alat pelindung diri yang rusak tapi tetap saja dipakai. Penulis mengambil contoh :
Sarung tangan, sarung tangan yang rusak tapi tetap saja dipakai pada waktu mengangkat atau memegang benda tajam, maka tangannya bisa terluka.
Jadi dengan memakai sarung tangan maka akan terhindar dari penyakit dalam maupun penyakit luar.

Cara untuk mencegah agar para pekerja tidak terjatuh atau terpeleset dalam bekerja ialah para pekerja jangan memakai sepatu hak tinggi, sol yang rusak, konstruksi lantai harus rata dan sedapat mungkin dibuat dari bahan yang tidak lcin, serta lantai harus dibersihkan dari kotoran, misalnya debu, minyak, dan hal-hal yang memudahkan pekerja terpeleset.
-Biarkan pekerja memilih APD yang cocok, selalu tanyakan apakah ada masalah dengan ukuran atau kenyamanan APD yang mereka gunakan, dan lakukan uji coba ukuran dan kenyamanan APD terhadap pekerja sebelum melakukan pengadaan APD -komunikasikan dengan pekerja tersebut mengenai alasan mereka lebih dalam lagi, komunikasikan alasan ini dengan supervisor produksi agar dapat bersinergi antara K3 dengan watu produksi, pastikan pekerja tersebut sudah mendapatkan training mengenai APD, dan masukan keharusan memakai APD kedalam aturan disiplin waktu saat produksi. -kecelakaan kerja ini sangat berdampak pada kehidupan pribadi serta daat menimbulkan truma yang berat, dan simulasikan pada pekerja untuk mengikat tali sepatu mereka dengan satu tangan sebagai ilustrasi jika mereka kehilangan satu tangan akibat kecelakaan kerja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar